Skip to content

Pendaftaran Calon Komisioner Informasi Daerah Dibuka

April 29, 2010

TEMPO Interaktif, Bandung – SABTU, 24 APRIL 2010 | 15:02 WIB

Tim seleksi calon anggota Komisi Informasi Daerah Jawa Barat membuka pendaftaran calon komisioner mulai Senin (26/4) mendatang. “Mulai senin nanti, tanggal 3 Mei sudah penutupan pendaftaran,” kata Ketua Tim Seleksi Ketua Tim Seleksi Provinsi Prof Dr Asep Warlan Yusuf saat dihubungi Tempo, Sabtu (24/4).

Tim seleksi itu ditunjuk Gubernur Ahmad Heryawan, bertugas melakukan proses seleksi calon komisioner. Asep mengatakan, para calon komisioner yang berminat mendaftarkan diri bisa mengirimkan berkas pendaftaran lewat email, surat, hingga memberikannya langsung pada sekretariat Tim Seleksi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat.

Proses seleksi administrasi berkas sendiri akan mengambil waktu 3 hari setelah waktu pendaftaran calon komisioner ditutup. “Setelah itu langsung kita umumkan ke publik,” katanya. Nama calon yang lolos proses itu masih harus melewati uji publik. “Tim seleksi akan menerima masukan masyarakat, misalnya track record si A, ada yang negatif atau tidak, yang bersangkutan bisa didiskulaifikasi,” kata Asep.

Tim seleksi sudah menyusun jadwal untuk memilih calon komisioner hingga Juli nanti. Kendati demikian, papar Asep, paling lambat nama-nama calon komisioner yang lolos seleksi akan diserahkan pada gubernur Agustus nanti. “Setelah itu gubernur akan menyerahkan ke DPRD Jawa Barat untuk dipilih,” katanya.

Menurut Asep, tim seleksi ditugasi untuk memilih calon komisioner paling sedikit 10 calon, dan paling banyak 15 calon. Namun, lanjutnya, hingga kini, gubernur belum memastikan komposisi anggota calon komisioner antara wakil pemerintah dengan pilihan masyarakat.

Menurut Asep, pemerintah Jawa Barat menyiapkan anggaran mencapai Rp 1,2 miliar untuk memilih anggota Komisi Informasi Daerah Jawa Barat. Dana itu disiapkan untuk membiayai mulai dari proses seleksi oleh tim seleksi, pemilihan calon oleh DPRD Jawa Barat, hingga pelantikannya nanti.

AHMAD FIKRI


From → Kliping

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: