Skip to content

LKPJ Walikota adalah Urusan Rakyat!!

May 11, 2010

“ Dari wawancara “GM” dengan sejumlah anggota dewan, diperoleh kesimpulan bahwa kejanggalan LKPj Wali Kota terletak pada capaian target yang hampir semuanya maksimal, bahkan ada beberapa yang melampaui target. Namun, menurut pihak dewan, kebanyakan target dan realisasi itu kurang logis dengan kenyataan di lapangan.” (Galamedia online)

“..pengerjaan laporan yang terkesan setengah hati. Hal itu, misalnya, terlihat dari kesamaan kalimat dalam penjabaran masalah dan solusi dalam bidang pendidikan. Kalimat tersebut sama persis dengan laporan tahun sebelumnya..Ia juga menunjukkan kesamaan kalimat pada sejumlah bidang lainnya.” (Kompas 26/4/2010).

Temuan kejanggalan dan penjiplakan kalimat dalam Laporan Keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Bandung 2009 tidak dapat “disempitkan” hanya menjadi isu redaksional laporan. Ini merupakan cerminan dari kinerja pemerintah Kota Bandung tahun 2009 yang berdampak pada hajat hidup warga Kota Bandung.  Kejanggalan data dan penjiplakan kalimat dalam LKPj patut ditengarai berkaitan dengan kualitas kinerja pemerintah Kota Bandung yang rendah, setidaknya dalam hal:

  • Kelemahan dalam mengelola dan menganalisa data. Data merupakan acuan awal dalam menyusun program, kelemahan pada pengelolaan dan analisa data akan menghasilkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program yang tidak jelas. Termasuk bisa dimanipulasi untuk menutupi penyelewengan pelaksanaan program dan anggaran.
  • Kelemahan dalam membina, mengkoordinasi, dan mengontrol Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kelemahan koordinasi akan menghasilkan program yang tidak terpadu. Koordinasi dan kontrol yang tidak berjalan baik ini akan membuka peluang kebocoran anggaran dan penyelewengan pelaksanaan program.

Mengingat pada akhirnya masalah LKPj Walikota Bandung 2009 terkait dengan kinerja pemerintah yang mempengaruhi hajat hidup warga Bandung, maka wacana LKPj ini tidak dapat dibatasi antara DPRD dan Pemerintah Kota Bandung. Pertanggungjawaban kinerja Walikota Bandung sekarang menjadi urusan warga Kota Bandung!

Kami sebagai bagian dari warga Kota Bandung menuntut tindakan yang sistematik dan strategis berupa:

  • Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Bandung memberi catatan dalam rekomendasi  LKPj Walikota 2009 dengan mengkaitkan kejanggalan dalam laporan tersebut dengan kinerja pemerintah Kota Bandung. Termasuk memberikan rekomendasi kepada DPRD Kota Bandung  untuk menindaklanjuti dengan menggunakan Hak Interpelasi.
  • Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Bandung secara serius mencermati kemungkinan penggunaan hak DPRD yang diatur dalam Pasal 43 UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Sebagai representasi dari kepentingan warga Kota Bandung,  DPRD perlu serius mempertimbangkan penggunaan Hak Interpelasi, Hak Angket, dan Hak Menyatakan pendapat terhadap  kebijakan dan kinerja pemerintah yang diketahui mempunyai kejanggalan dan berdampak luas pada kehidupan warga Kota Bandung.
  • Pemerintah Kota Bandung membuka  informasi publik yang berkaitan dengan kinerja dan pencapaian target sektor yang diketahui mempunyai kejanggalan. Diberlakukannya UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik telah mewajibkan  pemerintah  Kota Bandung sebagai lembaga publik untuk menyediakan dan mengumumkan kegiatan dan kinerja secara terbuka.

Kami akan membuka saluran bagi warga untuk memberikan tanggapan melalui Facebook page Walikota di mata warga Bandung atau link ke http://pendek.in/01d7w

Seluruh tanggapan akan disampaikan kepada Pansus LKPj Walikota Bandung 2009 dan DPRD Kota Bandung sebagai bentuk partisipasi dan kontrol warga Kota Bandung.

Bandung,  7 Mei 2010
Pusat Pengembangan Informasi Publik (P2IP) –  Muhammad Surya Wijaya
Koalisi Masyarakat Bandung Bermartabat (KMBB) –  Rahmat Jabaril

From → Press Release

3 Comments
  1. fajar permalink

    Saya ingat waktu dulu ketika walikota menjabat sebagai Ketua Umum Persib, kayanya Persib itu masalah utama dan selalu didahulukan oleh Sang Walikota. Adalah kewajiban walilkota untuk menonton persib di lapangan ke manapun Persib bermain sang waliklota akan selalu hadir di sisi bangku cadangan pemain.Masalah sampah, krisis air, penghijauam, kemacetan..”Paduli Teuing”, Emang gue pikirin (mungkin itu yg ada di dalam benak sang waliklota. Sekarang ketika sudah tidak menjabat Ketua Umum Persib kinerjanya masih buruk atau kurang cukup baik. Nasib, nasib jadi warga kota Bandung koq begini.

    • Bahkan, sempat tersandung korupsi dana Persib, ya kang…😀 Salam!

Trackbacks & Pingbacks

  1. Tweets that mention LKPJ Walikota adalah Urusan Rakyat!! « Pusat Pengembangan Informasi Publik -- Topsy.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: