Skip to content

Informasi Publik Menyangkut Kepentingan Banyak Orang

May 18, 2010

Sumber: RRI Bandung | 04 Januari 2010

PRO3RRI – Bandung:: Informasi Publik merupakan informasi yang terkait dengan data maupun fakta dari sebuah Badan,organisasi atau Lembaga Negara yang akan menyangkut dengan kepentingan banyak orang Informasi Publik merupakan informasi yang terkait dengan data maupun fakta dari sebuah Badan,organisasi atau Lembaga Negara yang akan menyangkut dengan kepentingan banyak orang. Namun ketika informasi tersebut sifatnya internal, maka hal itu bukan kategori informasi untuk publik. Sementara ketika terkait dengan hajat hidup orang banyak informasi itu menjadi informasi publik.

Terkait dengan Undang-Undang no 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah KPID Jabar Ati Rachmiati menyatakan, banyak organisasi atau Lembaga baik eksekutif, yudikatif maupun legislative yang menganggap bahwa informasi yang ada di Lembaganya itu merupakan sesuatu yang tertutup. Kepada RRI Ati Rachmiati juga menegaskan apapun yang ada di sebuah Lembaga, masyarakat berhak memperoleh informasi yang menyangkut untuk kepentingan dengan public bukan malah ditutup-tutupi.

”Misalnya ada kebijakan tentang usaha dan ekonomi kecil seperti apa sekarang ini, ada aktifitas apa untuk memberdayakan ekonomi kecil dlsb. Kemudian ada kebijakan apa tentang pendidikan,masalah kurikulum,bantuan,masalah apapun. Itu sebaiknya dibuka dan harus berdasar UU KIP”.

Disebutkan Ati Rachmiati yang juga Pakar Komunikasi Unisba Bandung,berdasarkan UU tentang Keterbukaan Informasi Publik mengharuskan semua Badan baik Pemerintah maupun Lembaga non Pemerintah selama menerima APBD/APBN harus memberikan informasi yang dibutuhkan public. Dengan informasi tersebut,tegas Ati Rachmiati supaya masyarakat ikut merumuskan kebijakan.

”Ini program pembangunan di desa ini bukan jalan dulu,mungkin MCK dulu dech,itu berarti satu masukan,jadi partisipasi masyarakat lebih tinggi termasuk dalam keberhasilan pembangunan ”.

Dalam UU Keterbukaan Informasi Publik menurut Ati Rachmiati,memang ada sebagian informasi yang tidak perlu diketahui masyarakat atau informasi yang dirahasialan atau informasi yang dikecualikan. Misalnya yang terkait dengan hak cipta,pertahanan keamanan,masalah hukum maupun masalah yang terkait dengan ekonomi yang kira-kira dapat merugikan ketahanan ekonomi nasional,hal itu termasuk informasi yang dikecualikan. (Lestari Justian)

From → Kliping

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: