Skip to content

Komisi Informasi Bisa Melapor ke Polisi

June 11, 2010

Dari artikel berikut ini, Komisi Informasi bisa melapor ke Polisi jika ada lembaga publik yang tidak memberikan akses informasi kepada publik mengenai kinerjanya. Dalam hal ini terutama jika informasi tersebut berkaitan dengan tindak pidana, seperti dalam kasus KPK. Berikut kutipan dari situs web.bisnis.com:

“KPK harus bisa menjelaskan alur penanganan kasus itu sampai di mana kepada publik. Apakah pengumpulan keterangan, alat bukti sehingga publik mengetahui mengapa hanya sampai di situ penanganannya dalam jangka setahun, misalnya,” ujar Alamsyah dalam diskusi Efektivitas UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dalam Pemberantasan Korupsi, di Jakarta, hari ini.

Dia menambahkan informasi tersebut dapat dijadikan penilaian oleh publik terhadap kategori kasus tertentu. Misalnya, sambungnya, mengapa kasus yang diduga merugikan negara Rp100 miliar lebih lambat penyidikannya dibandingkan kasus korupsi Rp10 miliar.

Alamsyah mengungkapkan KPK seharusnya dapat memberikan informasi tentang penanganan kasus tersebut dengan berlakunya UU No.14/2008 tentang KIP. Salah satu informasi, sambungnya, adalah soal kinerja badan publik itu sendiri.

“KPK dapat dilaporkan ke KI  karena tidak memberikan akses informasi kepada publik dalam kinerjanya. Jika ditemukan indikasi pidana, misalnya kesengajaan, KI dapat melaporkannya ke kepolisian,” ujarnya.

Berkaitan dengan posisi lembaga Komisi Informasi sebagai lembaga mediasi, apakah benar KI dapat melaporkan kasus seperti di atas ke Polisi? Atau menyarankan kepada pemohon/pengguna informasi untuk melaporkannya sendiri ke Polisi?

From → Kliping

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: