Skip to content

Pendaftaran Seleksi Calon Anggota Ombudsman RI 2010-2015

July 12, 2010

Sumber: Menpan.go.id | http://ombudsman.go.id/

Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Ombudsman akan melakukan berbagai terobosan untuk mendapatkan personil-personil calon anggota Ombudsman yang mumpuni, sehingga mampu membawa lembaga pengawas pelayanan publik ini berperan secara maksimal.

Demikian dikatakan Menteri Negara PAN dan Reformasi Birokrasi selaku Ketua Pansel Calon Anggota Ombudsman, EE. Mangindaan dalam jumpa pers usai melakukan rapat perdana Pansel, di Jakarta, Senin (5/07). ”Selain dengan menyurati lembaga-lembaga tertentu terkait dengan pelayanan publik, Panitia juga akan menempuh sistem jemput bola,” ujarnya.

Dikatakan, Pansel ini dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2009, tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Anggota Ombudsman Republik Indonesia. Panitia Seleksi  berjumlah 9 (sembilan) orang, yang diketuai Menteri Negara PAN dan RB dan Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo sebagai Wakil Ketua. Adapun Sekretaris Kementerian PAN dan RB Tasdik Kinanto sebagai Sekretaris merangkap anggota, dan anggota lainnya adalah Prof. Dr. Eko Prasodjo, Prof. Dr. Sofyan Effendi, Dr. Sadli Isra, Indah Sukmaningsih, MPM, Ir. Bambang Harimurti, dan Teten Masduki.

Meskipun Keppres sudah diterbitkan delapan bulan yang lalu, namun karena membutuhkan dana, maka pelaksanaan seleksi baru dilaksanakan bulan Juli 2010. Menurut Menteri,  anggaran sebesar Rp 2,4 miliar ini tidak mungkin mengambil anggaran yang sudah dialokasikan untuk  kegiatan lain,  sementara pada akhir tahun proses pengusulan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2010 sudah dirampungkan. Sehingga untuk kegiatan seleksi ini, dengan mengajukan lewat APBN – Perubahan 2010. ”Alhamdulillah anggaran sudah disetujui, tinggal menunggu penomoran DIPA. Namun karena desakan untuk segera melakukan  Seleksi Calon Anggota Ombudsman besar sekali, kita lakukan rapat perdana sekarang,” ujar Ketua Pansel.

Dijelaskan, pelaksanaan seleksi berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 merupakan calon anggota Ombudsman pertama, dengan waktu  dijadwalkan selama 115 hari kerja. Pengumuman pendaftaran  akan dilakukan pada tanggal 12 – 13 Juli 2010 melalui sejumlah media cetak maupun elektronik. Selanjutnya tahapan pendaftaran yang dijadwalkan berlangsung 15 hari kerja (19 Juli s.d 6 Agustus 2010).

Pansel akan melakukan seleksi administrasi calon anggota Ombudsman dalam jangka waktu 10 (sepuluh) hari kerja terhitung sejak tanggal pengumuman pendaftaran berakhir; (9 s.d 23 Agustus 2010), dan selanjutnya mengumumkan daftar nama calon untuk mendapatkan tanggapan masyarakat; (27 Agustus 2010). Dalam hal ini, masyarakat diminta untuk memberikan masukan kepada Pansel, terutama mengenai track record calon yang dapat disampaikan melalui surat, email, SMS atau langsung datang ke Sekretariat Pansel calon anggota Ombudsman, dalam kurun waktu 30 Agustus 2010 – 4 Oktober 2010.

Panitia juga melakukan seleksi kualitas dan integritas calon anggota Ombudsman dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari kerja terhitung sejak tanggal seleksi administrasi berakhir. Hal itu dilakukan dengan pembuatan makalah yang juga akan dinilai oleh readers eksternal, profile assessment, dan wawancara oleh Pansel yang dijadwalkan berlangsung tanggal 6 – 7 Oktober 2010.

Selanjutnya, Pansel Ombudsman akan menentukan dan menyampaikan 18 (delapan belas) nama calon anggota Ombudsman kepada Presiden antara tanggal 11 – 22 Oktober 2010, untuk selanjutnya disampaikan ke DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan fit and proper test. Diharapkan, DPR sudah dapat memilih 9 (sembilan) nama calon anggota Ombudsman selambat-lambatnya akhir Desember 2010,  untuk selanjutnya ditetapkan oleh Presiden.

Berikut tata laksana pendaftarannya:

Pendaftaran Calon Anggota Ombudsman dibuka mulai 19 Juli s.d. 6 Agustus 2010. Surat pengajuan pendaftaran dibuat dan ditandatangani oleh pendaftar, ditujukan kepada Ketua Pansel Calon Anggota Ombudsman RI, dengan alamat Sekretariat Panitia Seleksi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta 12190. Surat pengajuan pendaftaran harus sudah diterima oleh Panitia Seleksi Calon Anggota Ombudsman RI Periode 2010-2015 paling lambat 6 Agustus 2010 pukul 16.30 WIB, yang diantar langsung atau dikirim melalui pos tercatat dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup dan Form Pernyataan(sesuai format yang dapat diunduh di Riwayat Hidup dan Surat Pernyataan);
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;
  3. Pasfoto terbaru 3 (lembar) ukuran 4 x 6 (berwarna);
  4. Fotokopi ijazah sarjana hukum atau sarjana lain yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang bersangkutan atau oleh Kementerian Pendidikan Nasional dalam hal ijazah dari perguruan tinggi luar negeri;
  5. Surat keterangan asli dari dokter Rumah Sakit Pemerintah, yang terdiri dari
    keterangan:
    (a). sehat jasmani dari dokter umum,
    (b). sehat rohani dari dokter jiwa/psikiater, dan
    (c). hasil pemeriksaan laboratorium bebas narkoba, yang dikeluarkan dalam 1 (satu) bulan terakhir;
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (asli dan masih berlaku);
  7. Surat Keterangan Pengalaman kerja dalam bidang hukum atau pemerintahan yang menyangkut penyelenggaraan Pelayanan Publik;
    Catatan: Pansel perlu mempertimbangkan untuk memperjelas apa yang dimaksud dengan kriteria penyelenggara pelayanan publik yang dimaksud dalam UU.
  8. Surat pernyataan di atas kertas bermaterai Rp 6000,- (enam ribu rupiah), yang memuat pernyataan kesediaan untuk tidak merangkap menjadi:
    a. pejabat negara atau penyelenggara negara menurut peraturan perundang-undangan,
    b. pengusaha,
    c. pengurus atau karyawan badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah,
    d. pegawai negeri,
    e. pengurus partai politik, atau
    f. profesi lainnya seperti dokter, akuntan, advokat, notaris, dan Pejabat Pembuat Akta Tanah.

Selengkapnya dapat dilihat dalam Dokumen pengumuman seleksi dari Pansel Ombudsman.

From → Kliping

4 Comments
  1. makasih banyak infonya…sangat membantu…salam hangat…

  2. ananda permalink

    saya mau mendaftar ombudsman..
    mohon formulir pendaftaran di klik dimana ya??

    saya bingung..mohon maaf sekali,,

    tolong dibantu ya..

    • Silakan diperiksa artikelnya, sudah dipasang tautan ke form-form yang dibutuhkan🙂

  3. muhammad sukriadi azis permalink

    informasi yang ada dalam pengumuman bahwa pendaftaran paling lambat tgl 2 september jam 15 itu perlu di luruskan kembali sebab saya mendaftar tgl 2 september jam 11 keterangan yang muncul dalm websitenya itu mengatakan bahwa pendaftaran telah ditutup,ini sangat mencederai kredibilitas lembaga yang nota benenya adalah lembaga pengawasan pelayanan publik,sangat lucu ketika lembaga tersebut mengekspose informasi yang tidak betul kepada publik,mohon profesionalismenya pak ketua…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: