Skip to content

Momentum Permohonan Informasi Kepada Pemerintah

October 5, 2010

Pada tanggal 28 September 2010 kami menerima surat dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bandung sebagai jawaban terhadap surat permintaan informasi publik yang kami sampaikan pada tanggal 9 Agustus 2010 lalu. Bersama surat tersebut kami juga menerima berkas berupa:
1. 8 buah buku berisi peraturan daerah Kota Bandung yang berkaitan dengan pengaturan pendapatan pajak daerah Kota Bandung.
2. Salinan daftar target-realisasi dan penerimaan/ penyetoran pajak-pajak daerah Tahun Anggaran 2005-2009.
3. Keterangan potensi pajak daerah.

Kami menganggap tanggapan dan pemberian informasi publik ini sebagai momentum yang baik. Pemerintah Kota Bandung dapat menggunakan kejadian ini sebagai pijakan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan, penyediaan, dan pemberian informasi publik.

Momentum ini perlu terus dijaga dan dikembangkan dengan meningkatkan kualitas pelayanan informasi di semua lingkup pemerintah Kota Bandung, termasuk pemberian semua informasi publik lain yang wajib disediakan dan diumumkan.

Untuk itu kami mendorong pemerintah Kota Bandung mengangkat pejabat pengelola informasi publik (PPID), penetapan standar prosedur operasional layanan informasi publik, dan membangun sistem informasi dan dokumentasi informasi secara baik dan efesien. Diharapkan Pemerintah Kota Bandung dapat menjadi contoh badan publik yang mengembangkan pelayanan informasi publik dengan mengacu pada Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Peningkatan kualitas layanan informasi tersebut tidak boleh hanya berhenti di lingkup eksekutif semata. Lembaga legislatif, yudikatif, dan badan publik lain juga secepatnya perlu mengevaluasi dan memperbaiki pengelolaan layanan informasi. Di masa mendatang seluruh badan publik akan dituntut untuk menerapkan UU mengenai keterbukaan informasi publik dan memenuhi standar pelayanan informasi publik.

Di sisi lain, pemenuhan informasi publik tersebut diharapkan menjadi bukti pengalaman dan dorongan kepada warga untuk tidak ragu untuk mengajukan permintaan informasi publik melalui prosedur permohonan informasi publik. Selain mempunyai hak untuk mendapatkan informasi publik, kesadaran warga untuk mengetahui informasi publik pada akhirnya akan membuka ruang bagi partisipasi warga dalam pengambilan kebijakan publik yang mempengaruhi kehidupan mereka.

Setelah mendapatkan informasi publik tersebut Pusat Pengembangan Informasi Publik (P2IP) akan membuka kesempatan bagi warga yang membutuhkan untuk mengakses informasi tersebut. Bersama jejaring kelompok masyarakat lain selanjutnya P2IP akan melakukan kajian dan pengembangan gagasan bersama mengoptimalkan penerimaan pajak sebagai salah satu potensi pembangunan Kota Bandung.

Kami juga membuka kerjasama untuk berbagi pengalaman dengan kelompok masyarakat dan warga yang ingin mengajukan permohonan informasi publik seperti yang kami lakukan.

Dalam kapasitas yang dimiliki, kami akan terus menerus mendorong keterbukaan informasi di semua lingkup. Badan publik perlu terus didorong untuk menerapkan UU mengenai keterbukaan informasi publik dan meningkatkan kapasitas mereka dalam pengelolaan pelayanan informasi publik. Masyarakatpun perlu terus bekerjasama untuk meningkatkan kesadaran dan kegiatan mereka dalam mengakses informasi publik melalui prosedur permohonan informasi publik.

Dengan demikian kami berharap bahwa keterbukaan informasi ini dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik yang mempengaruhi hidup orang banyak serta mendorong penyelenggaraan negara yang baik, yaitu transparan, efektif, efesien, dan dapat dipertanggungjawabkan.

From → Press Release

2 Comments
  1. Kita hargai respon positif mereka, Kita dukung agar pelayan informasi ublik Kota Bandung lebih baik..

Trackbacks & Pingbacks

  1. Tweets that mention Momentum permohonan informasi kepada pemerintah « Pusat Pengembangan Informasi Publik -- Topsy.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: