Skip to content

Polri Harus Buka Data “Rekening Gendut”

February 9, 2011

JAKARTA, KOMPAS.com – Selasa, 8 Februari 2011

Komisi Informasi Publik (KIP) mengabulkan permohonan Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk membuka data 17 nama pemilik rekening anggota Polri beserta besarannya yang dikategorikan wajar sesuai pengumuman pada 23 Juli 2010. Putusan KIP ini dibacakan dalam sidang KIP yang berlangsung di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (8/2/2011).

Peneliti ICW, Tama Satria Langkung, mengatakan, ada empat poin putusan KIP.

“Intinya, mengabulkan seluruh permohonan ICW,” kata Tama saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/2/2011).

Putusan tersebut, pertama, mengabulkan permohonan pemohon, dalam hal ini ICW, untuk seluruhnya. Kedua, menyatakan bahwa informasi 17 nama pemilik rekening anggota Polri beserta besaran nilainya yang dikategorikan wajar sesuai pengumuman 23 Juli 2010 adalah informasi yang terbuka. Ketiga, membatalkan keputusan pemohon tentang penolakan untuk memberikan informasi 17 nama pemilik rekening anggota Polri beserta besaran nilainya yang dikategorikan wajar. Dan, keempat, memerintahkan termohon untuk memberikan informasi 17 nama pemilik rekening anggota Polri beserta besaran nilainya yang dikategorikan wajar kepada pemohon dalam jangka waktu selambatnya 17 hari kerja sejak putusan berkekuatan hukum tetap.

Sementara, pihak POLRI menyatakan banding atas keputusan tersebut. Dari TEMPO Interaktif, Jakarta – Kepolisian akan mengajukan banding berkaitan dengan putusan Komisi Informasi Publik yang memerintahkan agar data 17 pemilik rekening perwira diserahkan kepada Indonesia Corruption Watch. “Ini belum final, Tim polri memilih banding,” kata juru bicara Polri, Komisaris Besar Boy Rafli Amar.

From → Referensi

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: