Skip to content

Menteri ESDM Minta Perusahaan Tambang Renegosiasi Kontrak

November 1, 2011

Sumber: Metrotvnews.com | 1 November 2011

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik meminta perusahaan-perusahaan tambang yang telah mendapat keuntungan besar di Indonesia, bersedia merenegosiasi kontraknya. “Negosiasi adalah hal yang wajar. Kami tidak akan membuat mereka merugi dengan merenegosiasi kontraknya,” katanya usai menghadiri pelantikan Dirut PT PLN (Persero) di Jakarta, Selasa (1/1).

Berdasarkan data status renegosiasi kontrak karya per 29 September 2010, terdapat sejumlah perusahaan yang menolak renegosiasi di antaranya PT Freeport Indonesia dan PT Nabire Bakti Mining. Data tersebut juga menyebutkan perusahaan tambang yang telah menyetujui sebagian pasal renegosiasi adalah PT Newmont Nusa Tenggara dan PT Vale Indonesia Tbk yang sebelumnya bernama PT International Nickel Indonesia Tbk (Inco).

Sementara itu sejumlah perusahaan menyetujui seluruh pasal renegosiasi seperti PT Koba Tin dan PT Agincourt Indonesia. Menurut Jero, kontrak tambang, apalagi yang menjadi bagian negara terlalu kecil atau sudah berumur 30 tahun, wajar dilakukan renegosiasi. “Jadi, kalau kami minta negosiasi, bukalah pintunya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, Indonesia baru belajar demokrasi, sehingga tuntutan peningkatan kesejahteraan pegawai atau rakyat setempat merupakan hal yang wajar. “Tapi, kenaikannya mesti wajar juga,” ujarnya.

Demikian pula, tuntutan kenaikan gaji karyawan Freeport mesti secara wajar. Menurut Jero, para investor asing mesti berpikir bahwa kegiatannya masih lama, sehingga mesti mendengar suara rakyat.(Ant/BEY)

From → Referensi

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: