Skip to content

Sudah Habis 50 Tahun, Chevron Ajukan Lagi Perpanjangan Kontrak Karya Di Blok Siak

February 29, 2012

Sumber: http://www.seruu.com/ | 12 Januari 2011

Jakarta, Seruu.com – Pada November tahun 2013 mendatang, kontrak wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) Siak Block yang berlokasi di di Kabupaten Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar dan Bengkalis, Provinsi Riau, akan berakhir. PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) sebagai pengelola blok migas tersebut, sudah menyatakan keinginannya untuk perpanjangan kontrak.

Kepala Dinas Humas dan Hubungan Kelembagaan BP Migas, Elan Biantoro mengatakan, saat ini pemerintah belum memutuskan apakah kontrak PT Chevron akan diperpanjang di Siak Block, atau akan mengakhirinya. Namun menurut Elan, saat ini PT Chevron telah menyatakan keinginannya untuk mengelola kembali Siak Block, setelah kontraknya berakhir pada 27 November 2013 mendatang.

“Pada September tahun 2010 lalu, Chevron telah mengajukan surat permohonan kepada BP Migas, terkait keinginannya untuk memperpanjang kontraknya di Siak Block untuk kali ketiganya. Namun BP Migas menilai, surat yang dilayangkan itu bukan surat resmi permohonan perpanjangan kontrak, karena belum melampirkan dokumen-dokumen yang menjadi syarat perpanjangan kontrak,” ucap Elan, ketika ditemui di Jakarta, Rabu (12/1).

Dikatakan Elan, surat resmi permohonan perpanjangan kontrak tersebut, tentunya tidak cukup hanya dengan mengajukan surat permohonan perpanjangan tanpa melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Baik itu (dokumen) mengenai implementasi komitmen kinerja selama masa kontrak, maupun komitmen jika kontrak diperpanjang.

“Paling lambat pada November tahun 2011 ini, semuanya sudah (harus) diajukan secara lengkap, jika Chevron ingin kontraknya diperpanjang kembali di Siak Block yang saat ini memproduksi minyak sekitar 2.000 barel per hari tersebut. Namun, bukan berarti kontraknya lantas diperpanjang begitu saja. Karena pemerintah mesti melakukan kajian dulu, apakah masih layak diperpanjang atau sebaliknya,” jelasnya.

Seperti diketahui, tambah Elan, PT Chevron sudah mengelola Siak Block sejak tahun 1963. Kontrak pertama dilakukan pada tahun 1963-1993, kemudian diperpanjang lagi untuk kontrak kedua (di periode) 1993-2013. “Pada tahun 2013 nanti, genap (sudah) 50 tahun Chevron mengelola Siak Block,” terang Elan, sambil mengatakan jika kontrak itu diperpanjang lagi, maka kemungkinan akan ditambah selama 20 tahun.

From → Kliping

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: