Skip to content

Loh, Penerima Dana Hibah Kok Banyak yang Alamatnya Sama?

July 30, 2012

Sumber: Detik.com

Bandung – Temuan lain yang ditemukan kelompok masyarakat sipil Kota Bandung atas penyaluran dana hibah tahun 2012 yaitu adanya penerima dana hibah ganda. Baik nama penerima atau organisasi yang sama tercantum dua kali, atau nama penerima atau organisasi yang berbeda tapi ada di alamat yang sama.

Hal itu berdasarkan hasil kajian dari Forum Diskusi Anggaran (FDA), Pusat Pengembangan Informasi Publik (P2IP), Perkumpulan Inisiatif, Walhi Jabar, Koalisi Pendidikan Kota Bandung (KPKB), Keluarga Mahasiswa Bandung Raya (KM Bara) dan LBH Bandung.

“Ada calon penerima bantuan hibah ganda. Artinya seseorang secara individu bisa mendapatkan hibah lebih dari sekali,” ujar ujar Suryawijaya, Koordinator P2IP dalam jumpa pers di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (30/7/2012).

Ia menyebutkan, sedikitnya ada 26 penerima dana hibah yang mendapatkan lebih dari 1 dana bantuan hibah dengan besaran yang sama atau berbeda. “Ke-26 penerima hibah ganda tersebut besarnya Rp 28,56 miliar” katanya.

Selain itu ditemukan juga penerima hibah menggunakan alamat yang sama. “Terdapat 184 nama orang atau lembaga/organisasi yang menggunakan 78 alamat yang sama dengan jumlah total sebesar Rp 63,66 miliar,” tutur Surya.

Sementara penerima hibah yang tidak mencantumkan alamat ada sebanyak 64 lembaga/organisasi atau kelompok dengan nilai Rp 6,645 miliar. “Ini jelas tidak memenuhi salah satu persyaratan penerima hibah, yaitu punya alamat sekretariat tetap. Malah ada alamat kantor partai yang jadi penerima hibah,” jelasnya.

Temuan indikasi penyelewengan dana hibah lainnya yaitu, organ bentukan PNPM Perkotaan juga menjadi penerima hibah. Juga instansi vertikal pemerintah dapat hibah. Meski secara aturan itu tidak dilarang, namun hal itu dinilai tak patut.

(tya/ern)

From → Kliping

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: