Skip to content

Dana Hibah Diselewengkan, Masuk Ranah Hukum

July 31, 2012

Sumber: Inilah.com Jabar

INILAH.COM, Bandung – DPRD kota Bandung meminta masyarakt untuk melaporkan segala hal yang diindikasikan sebagai bentuk pelanggaran dalam penyaluran dana hibah Pemkot Bandung tahun 2012.

Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Entang Suryaman menyarankan,dugaan terkait pelanggaran dana hibah sebaiknya segera dilaporkan ke dewan. Jika dugaan tersebut benar terjadi, hal itu merupakan tindakan pidana dan akan menjadi ranah hukum.

“Laporkan segera, karena itu tidak boleh. Agar tidak terjadi duplikasi sebaiknya fungsi pengawasan diperketat lagi dan pemerintah pun harus lebih selektif. Daerah tersebut mengajukan atau tidak,” jelas Entang di gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Aceh Kota Bandung, Senin (30/7/2012).

Sebelumnya, sekelompok massa dari Forum Diskusi Anggaran (FDA), Keluarga Mahasiswa Bandung Raya (KM-Bara), Koalisi Pendidikan Kota Bandung (KPKB), LBH Bandung, Wahana Lingkungan Hidup Jawa Barat (Walhi-Jabar) dan Perkumpulan Inisiatif, Pusat Pengembangan Informasi Publik (P2iP), menduga dana hibah Pemkot Bandung tahun 2012 diselewengkan oknum tertentu.

Menurut mereka, beberapa kegiatan yang diusulkan calon penerima hibah merupakan kegiatan rutin Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD). Seperti perbaikan gang, pembangunan gapura dan pemberian honor bagi guru honorer.

“Adanya indikasi duplikasi program atau kegiatan penerima hibah dengan program atau kegiatan SOPD. Seperti bantuan komite sekolah padahal sudah ada dalam BOS,” jelas Ketua P2iP Suryawijaya dalam siaran pers di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Senin (30/7/2012).

Suryawijaya mengaku, dirinya berkeinginan langsung menyampaikan temuannya itu ke pemerintah terutama Wali Kota, Wakil Wali Kota ataupun Sekda. Namun karena tak memiliki akses sehingga temuan tersebut hanya mereka sampaikan ke media.[ang]

From → Kliping

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: