Skip to content

SALINAN KONTRAK KERJASAMA ANTARA PEMERINTAH DENGAN PT FREEPORT INDONESIA SEBAGAI INFORMASI TERBUKA

August 10, 2012

Sumber: Situs Komisi Informasi Pusat

Jakarta, KI-Online. Komisi Informasi Pusat selenggarakan sidang ajudikasi sengketa informasi dengan sengketa nomor 197/VI/KIP-PS-M-A/2011antara Pemohon, Yayasan Pusat Pengembangan Informasi Publik (YP2IP) dengan Termohon, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, tanpa dihadiri kedua belah pihak.

Meski Pemohon dan Termohon tidak hadir, Majelis tetap melanjutkan persidangan sengketa informasi berupa salinan kontrak karya kerjasama pemerintah RI dengan PT Freeport Indonesia, PT Kalimantan Trimur Prima Coal, dan PT. Newmont Mining Cooperation, dan PT Chevron Pacific Indonesia, dengan agenda pembacaan putusan.

Dalam dokumen putusan, Termohon menyatakan kontrak karya kerjasama tersebut merupakan informasi yang dikecualikan (tertutup) berdasarkan Pasal 17 huruf d UU KIP juncto Pasal 1338 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPerdata) yang berbunyi Semua persetujuan yang dibuat secara sah dengan Undang-undang berlaku sebagai Undang-undang bagi mereka yang membuatnya. 

“Kontrak kerjasama pemerintah dengan pihak ketiga bersifat confidential atau dirahasiakan berdasarkan Pasal 1338 KUHPerdata yang berlaku lex specialis terhadap UU KIP dan isi kontrak dibuat oleh para pihak sebagai Undang-undang bagi pembuatnya.”

Termohon juga mendalilkan apabila kontrak kerjasama ini dibuka dapat mengungkapkan kekayaan dan atau cadangan sumber daya alam sektor ESDM yang tersedia, dapat  merugikan ketahanan ekonomi nasional dan hubungan dengan luar negeri, dan dapat membuka perioda  studi kelayakan (FS) yang sudah dilakukan oleh badan usaha.

Namun, Mejelis Komisioner Komisi Informasi Pusat yang diketuai Ramly Amin Simbolon serta beranggotakan Henny S. Widyaningsih dan Amirudin menolak dalil Termohon yang mengatakan informasi yang diminta Pemohon sebagai informasi tertutup berdasarkan Pasal 1338 KUHPerdata, Majelis berpendapat pasal tersebut bukan mengatur mengenai kerahasian dokumen.

“Pasal 1338 KUHPerdata tersebut mengatur tentang berlakunya mengikat bagi para pihak bukan mengatur tentang kerahsiaan dokumen atau informasi terkait kontrak karena itu dalam kontrak tidak ada secara eksplisit menyatakan bahwa keseluruhan dokumen kontrak kerjasama yang dimohon tertutup bagi pihak ketiga,” terang Ramly Amin Simbolon.

Ramly melanjutkan, ketentuan yang ada dalam UU KIP tetap berlaku untuk informasi yang ada dalam kontrak kerjasama sepanjang tidak menyangkut informasi yang bersifat privat dan terikat ketentuan hukum perdata. Majelis juga berpendapat, alasan pengecualian informasi terkait cadangan sumberdaya yang terkandung di bumi Indonesia bila dibuka dapat mengungkapkan kekayaan alam, bukan termasuk kedalam pokok permohoan informasi terkait dokumen kontrak kerjasama,  sehingga tidak relevan dengan pertimbangan pasal 17 huruf d UU KIP.

Karena itu, Majelis Komisioner Komisi Informasi Pusat menjatukan putusan bahwa permohonan Pemohon dikabulkan untuk seluruhnya dan menyatakan informasi yang dimohon Pemohon sebagai informasi terbuka. “Menyatakan bahwa informasi yang dimohon Pemohon adalah informasi yang terbuka,” tegas Ketua Majelis Komisioner.

Dengan diputuskannya informsai yang dimohon Pemohon sebagai Informasi terbuka. Majelis  Komisioner memerintahkan Termohon untuk memberikan informasikapada Pemohon selambat-lambatnya 14(empat belas) hari kerja sejak putusan ini diterima termohon.

 

From → Kliping

One Comment
  1. anti permalink

    terkait putusan Komisi Informasi di atas, ESDM mengajukan gugatan ke PTUN.. tolong keterangannya terkait hal ini dan tolong alamat email YP2IP.. tks. (anti)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: